Harap Tunggu sejenak...

Sabtu, 20 Juli 2013

Kelompok Binaan PKK Bantaeng Terima Bantuan Peralatan

Share & Komentar

Kelompok Binaan PKK Bantaeng Terima Bantuan Peralatan


Bantaeng, Sulsel  - Kelompok Binaan Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, menerima bantuan peralatan pengolahan dan keterampilan dari Kementerian Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT).

Penyerahan bantuan tahap pertama yang difasilitasi Kepala Bidang Penelitian dan Statistik Bappeda Kabupateng Bantaeng Ir Dimiaty Nongpa, MPi dilakukan kepada 11 kelompok binaan Tim Penggerak PKK yang dipimpin Ny Hj Ir Lies F Nurdin, M.Fish di Bantaeng, Minggu.

Kelompok penerima bantuan tersebut terdiri atas kelompok keterampilan yang terdiri atas Kelompok Gelora yang mengolah pemanfaatan limbah bambu dan kayu. Kelompok ini dipimpin Maritim.

Kelompok Borkal Jaya dengan jenis usaha pemanfaatan limbah bambu dan kulit telur dipimpin Chaerul. Kelompok Paraikatte dengan jenis usaha pemanfaatan limbah daun lontar, kulit jagung dan bunga kering diketuai Dg. Nyallu.

Kelompok Rosella, jenis usaha keterampilan menjahit dan bordir dengan Ketua Hj. Asmah Mansyur. Kelompok Melati, jenis usaha keterampilan menjahit dan bordir diketuai Rabiah serta Kelompok Membatik Cahaya, jenis usaha batik khas Bantaeng diketuai Nuraeni.

Untuk kelompok pengolahan terdapat lima kelompok binaan masing-masing Gabungan Kelompok Bantaeng Snack & Product yang diketua Mirnawaty, Kelompok ini membawahi 15 kelompok kecil pengolah yang memproduksi kerupuk ulir, pilus, abon, kue khas baruasa, dodol kacang, tengteng, bipang, kacang tumbuk, marning, dodol jagung, kacang kentucki, baje, VCO, rempeyek.

Kelompok Karya Mandiri dengan jenis usaha stick keju rumput laut, dodol RL, permen RL, juice marula, kerupuk surimi RL dengan Ketua Marlia Arif. Kelompok Sinar Laut, memproduksi dodol RL, sarang plus rumput laut diketua Kartini Syahrul, kelompok Aulia Jaya memproduksi Kerupuk Wortel dan Chips Talas dengan ketua Marini, sedang Kelompok Mawar memproduksi Bandeng Presto yang dipimpin Hj. Rosliah. Penyerahan bantuan tersebut dilakukan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantaeng Ny Hj A Emma Mustadjab di gedung PKK Kabupaten Bantaeng.

Emma Mustadjab berharap, bantuan dari Kementerian PDT dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menunjang kegiatan kelompok binaan.

Penggunaan peralatan tersebut pada akhirnya diharapkan menunjang peningkatan kesejahteraan anggota PKK di kabupaten berjarak 120 kilometer arah selatan Kota Makassar ini, tuturnya.

Ia juga berharap, kelompok yang sudah memperoleh bantuan dapat mengembangkan kepada anggotanya sehingga muncul kelompok baru. "Kita berharap dari 10 anggota kelompok, muncul lagi kelompok baru sehingga lebih banyak kelompok yang bisa dibina," terangnya.

Penanggungjawab Gabungan Kelompok Industri Rumah Tangga Pengelola Bantuan Sosial Marlia Arif, SPd menambahkan, hingga kini, Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantaeng telah membina 21 kelompok yang terdiri atas berbagai jenis usaha keterampilan dan pengolahan.

Para kelompok tersebut mengalami perkembangan usaha, namun masih memerlukan bantuan peralatan untuk peningkatan kualitas produksi agar dapat menjangkau pasar yang lebih banyak, tambah Marlia.
T.P PKK Kabupaten Bantaeng - Sulawesi Selatan:

By :

Alamat : Jl. Gelatik No. Kabupaten Bantaeng - Sulawesi Selatan - INDONESIA.

0 komentar :

Posting Komentar