Harap Tunggu sejenak...

Sabtu, 20 Juli 2013

Binaan PKK Bantaeng Dapat Peralatan Keterampilan

Share & Komentar

Binaan PKK Bantaeng Dapat Peralatan Keterampilan

Bantaeng, Sulsel- Sebanyak 11 kelompok binaan Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, mendapat bantuan peralatan keterampilan dan industri rumah tangga dari Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (KPDT).

Ke sebelas kelompok binaan itu masing-masing Karya Mandiri, Gabungan Kelompok Bantaeng Snack & Product, Sinar Laut, Mawar, Rosella, Melati, Aulia Jaya, Kelompok Membatik Cahaya, Paraikatte, Borkal Jaya dan Gelora.

Penyerahan bantuan tahap kedua bernilai Rp275 juta tersebut diserahkan secara door to door kepada masing-masing kelompok, kata Marlia Kamaruddin, Ketua Gabungan Kelompok Bansos Infrastruktur KPDT untuk Kabupaten Bantaeng, di Bantaeng. Rabu.

Menurutnya, penyerahan tahap kedua yang difasilitasi Kepala Bidang Penelitian dan Statistik Bappeda Bantaeng Muh Dimiati Nongpa ini mengalami keterlambatan karena banyak orderan barang yang terlambat tiba.

Ia memberi contoh sejumlah orderan yang terlambat itu seperti untuk kebutuhan kelompok membatik yang dipesan di Yogya maupun mesin pengolahan rumput laut yang dipesan di Surabaya, maupun pesanan kemasan lainnya dari Jakarta.

Dimiati mengakui, keterlambatan ini dirasakan cukup berat, terlebih terkait dengan laporan pertanggungjawaban. "Masalahnya, setiap unit barang harus dibuktikan dengan foto sehingga menyulitkan, terutama yang barangnya belum tiba. Karena itulah, terpaksa mengalami kelambatan penyerahan kepada masing-masing kelompok penerima," tuturnya.

Berbeda dengan penyerahan pada tahap awal yang dilakukan di gedung PKK Oktober 2010. Penyerahan kala itu dilakukan serentak oleh Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Bantaeng Hj Andi Emma Asli Mustadjab karena barangnya sudah siap.

Pada tahap kedua ini, Ketua Gabungan Kelompok hanya membantu jika ada kelompok yang melakukan order peralatan keluar. Ini juga memperlambat proses penyerahan peralatan ke kelompok tersebut dan pengerjaan laporannya.

Marlia yang mewakili kelompok penerima bantuan mengemukakan rasa terima kasihnya kepada Kementerian PDT yang memberi bantuan peralatan. "Melalui bantuan ini proses produksi semakin meningkat dan lebih cepat dibanding proses produksi yang dilakukan manual selama ini," urainya.

Kelompok penerima bantuan juga mengemukakan penghargaan yang tinggi kepada Ketua TP PKK Bantaeng Hj Lies F Nurdin yang telah memfasilitasi kelompok usaha yang selama ini produksinya sudah masuk pasar umum.

Produksi kelompok binaan TP PKK Bantaeng itu hingga kini sudah memasuki pasar Kalimantan, Riau dan beberapa daerah lainnya di Indonesia . "Semua berkat bantuan mesin yang kami terima memudahkan berproduksi lebih cepat dan lebih banyak," ucapnya.
T.P PKK Kabupaten Bantaeng - Sulawesi Selatan:

By :

Alamat : Jl. Gelatik No. Kabupaten Bantaeng - Sulawesi Selatan - INDONESIA.

0 komentar :

Posting Komentar